Save our HandPhone !

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :)



Saya akan mencoba berbagi pengalaman untuk anda sekalian yang pengen HP nya awet dan ga gampang nge-hang. Saya berai postingin ini karena sudah terbukti sama HP saya lho, 3 tahun ga pernah masuk bengkel and jaranf nge-hang. Alhamdulillah. Tapi ini cumae sedikit tips shh yang Insya Allah berguna :)

Yang pertama, pada saat berencana beli HP tentuin tipe HP yang anda pengen. Jangan cuma lihat model dan fiturnya, tapi cari informasi tentang standar baterei yang dia gunakan. Soalnya baterai merupakan elemen penting yang bersifat mudah rusak jika digunakan dalam waktu lama.Tapi maaf nih saya ga bisa ngasih informasi tentang standar baterai yang bagus bagi sebuah HP.

Yang kedua, saat anda baru pertama kali membeli HP baru jangan digunain dulu. Isi baterai sampai full dan tunggu beberapa jam setelah itu.
Hal ini dimaksudkan agar baterai HP baru anda tidak terbiasa untuk nge-drop dan tahan lama.


Yang ketiga, jangan sekali-kali ngisi baterai saat malam (pukul 20.00-05.00). Karena menurut pengalaman saya, HP yang sering di charge dalam kurun waktu demikian, akan menimbulkan membesarnya bentuk baterai sehingga menimbulkan resiko meledak. Gak hanya itu. Baterai tersebut akan turun daya penyimpannanya sehingga akan mudah habis dan otomatis mudah rusak. So, lebih baik charge HP anda di pagi atau siang hari.

Yang keempat, saat anda men-charge HP, jangan menggunakan HP tersebut dulu. Biar daya hantar listriknya ga terhambat n bisa optimal. Hal ini juga meminimalisir keadaan cepet nge-drop-nya HP. Kalo bisa, biarkan HP anda nonaktif saat pengisian baterai.

Yang kelima, jangan keseringan memainkan musik dengan speaker. Bisa pake handsfree atau headset lah. Soalnya jika suara yang dikeluarkan oleh speaker terlalu lama n banyak, dapat menimbulkan resiko kerusakan lebih cepat. Jelas kan ? Dilogikain, speaker yang keseringan dipake daya hantar keluarannya akan menurun dibanding dengan speaker yang dipake secara wajar.

Yang keenam, jangan terlalu sering menggunakan aplikasi secara bersamaan. Karena hal ini sangat berpengaruh pada daya tahan HP itu sendiri. Jika dia melakukan pekerjaan secara bersamaan dan terus-menerus, maka dia akan lelah dan pasti suka nonaktif sendiri (istilahnya nge-hang). Pokoknya pakai aplikasi secara individu ajalah, jangan komunal gitu biar HP anda ga cepet lelah :)

Yang ketujuh, jangan suka gonta-ganti perdana dalam waktu singkat. Karena ketika anda mengeluarkan SIM card pada tempat peletakan SIM, otomatis anda akan mencopot baterai dan jika kesringan akan mengganggu daya kerja baterai lho. Misalnya HP anda cuma bisa muat 1 SIM, jangan maksain pake 2 SIM hanya gara-gara berat di pulsa. Kalo kaya gitu mending anda beli HP yang bisa ditempatin lebih dari 1 SIM, kan sekarang banyak tuh dan murah lagi.

Kesimpulannya sih, semua itu tergantung anda. Bagaimana cara anda memakai, menyimpan, merawat dan menggunakannya :)

Sekian ya dari saya. Semoga postingan saya bermanfaat dan menyadarkan anda bahwa penting untuk menjaga barang-barang kita karena mereka juga punya batas maksimal dalam bekerja memerankan fungsinya . Thank You :)

Say to SAVE OUR HANDPHONE !

R_V_M

4 komentar:

ridho zulandra mengatakan...

nice post gan, cocok buat ane yg mahasiswa

Brantas Pranata Nusa mengatakan...

tips yang serbaguna dan cocok untuk siapa saja. nambahkan: jenis hp juga mempengaruhi keawetannya.

Rachmat Arif mengatakan...

betul-betul luar biasa....
http://rachmatarif.blogspot.com/

Rosalia Rossa mengatakan...

ya ya ya .. makasih kritik dan sarannya =D

Posting Komentar