Body Dysmorphic Disorder -- Michael Jacson korbannya !


Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang



Body Dysmorphic Disorder (BDD) adalah gangguan mental dari diri seseorang yang merasa dirinya tidak sempurna. Padahal, sebenarnya tubuhnya sudah baik. Karena tidak percaya diri, orang tersebut selalu merasa ada yang kurang.

Penderita BDD selalu berusaha memermak bagian dari tubuhnya yang dirasa kurang bagus dengan jalan salah satunya adalah operasi plastik. Penderita gangguan mental itu kebanyakan perempuan. Namun, bukan berarti tak ada laki-laki yang mengidap gangguan tersebut.
Gajalanya kerap muncul ketika masuk usia pubertas. Sebab pada masa itu, seorang remaja putra maupun putri selalu berusaha tampil menarik. Apalagi bila ada lawan jenis yang mulai menarik hatinya. Pada masa itu seseorang ingin diperhatikan dan disanjung ketika tampil cantik dan menarik. Pada fase ini ada juga pengaruh hormonal, terutama hormon esterogen.



Lantas apa bedanya dengan narsis ? kalau narsis, orang tersebut berani tampil dan sangat percaya diri meski wajahnya tak begitu cantik bahkan sangat standar untuk orang seumuran dia. Lain halnya dengan BDD. Seseorang dikatakan BDD jika dia sudah memermak bagian tubuhnya berkali-kali namun tetap saja tidak ada kepuasan terhadap apa yang dimilikinya. 



Sungguh sulit bukan menjadi orang yang tak pandai bersyukur seperti orang pengidap BDD tersebut. Mereka harus mengeluarkan banyak waktu, tenaga dan finansial demi mendapatkan garis tubuh yang ideal padahal menurut orang yang melihat, dia tidak kekurangan suatu apapun. Maka dari itu jangan pernah lupa untuk selalu bersyukur atas apa-apa yang diberikan Tuhan kepada kita. Manusia memang tidak ada yang sempurna. Namun ketidaksempurnaan itu harusnya menjadi pelajaran hidup bagi kita bukan malah menggunakannya sebagai suatu alasan melakukan sesuatu yang sia-sia seperti operasi plastik tapi tak kunjung menerima kepuasan akan perubahan yang diberikan. Dan kebanyakan seseorang yang menjalani operasi plastik mendapatkan perubahan tubuh yang malah terlihat aneh dan tidak wajar. Sebut aja bintang Pop besar alm. Michael Jacson. Saking seringnya dia memermak wajah dan tubuhnya, garis wajahnya tidak wajar dan sangat aneh. Dia juga mengalami insomnia akut karena saking banyaknya obat bius yang sudah merasuk ke dalam tubuhnya akibat operasi bedah wajah , dan hal itu pula yang membawanya kepada kematian yang misterius. Naudzubillah ..

0 komentar:

Posting Komentar